Anak Usia 12 Tahun Sudah Dapat Nobel

Sabtu, 05 Mei 2012
Foto: http://socyberty.com


Gregory Robert Smith adalah anak istimewa yang mendapatkan Nobel Perdamaian saat dia baru menginjak umur 12 tahun.

Smith lahir pada tanggal 9 Juni 1989 di Pennsylvania, Amerika Serikat. Sejak kecil dia memang sudah menunjukkan bakatnya. Pada usia 2 tahun, dia sudah bisa membaca. Oleh karena itu pengetahuaanya sudah bisa dikatakan sangat luas jika dibandingkan dengan anak seumurannya. Karena kejeniusannya, Smith bisa masuk Universitas pada usia 12 tahun.



Smith tidak hanya jenius, pada tahun 2002 ketika umurnya masih 12 tahun, Smith mendirikan sebuah organisasi yang diberi nama International Youth Advocates (IYA). Organisasi ini bertujuan untuk mengkampanyekan perdamaian dan hak-hak anak di kalangan orang muda di seluruh penjuru dunia. IYA bekerja sama dengan Lembaga Nobel Prize, sehingga Smith mendapatkan kesempatan untuk bertemu tokoh dunia seperti Bill Clinton, Mikhail Gorbachev, dan beberapa penerima Nobel Perdamaian.

Dalam usahanya di pemenuhan hak-hak anak, Smith menjadi pembicara di Sidang Umum PBB. Berkat aktivitasnya tersebut, Smith mendapatkan Nobel Perdamaian saat usianya masih menginjak umur 12 tahun. Saat ini Smith telah mendapatkan gelar PhD di bidang matematika.

“Kita jangan pernah mau menganggap bahwa kita masih terlalu muda untuk menyuarakan suara kita di dunia. Saya punya mimpi di mana suatu hari semua anak dapat hidup tanpa rasa takut di dunia yang damai,”  ungkap Gregory Smith.

Ya, suatu saat...semoga dunia jadi tempat penuh kenyamanan bagi semua anak meraih mimpinya.

0 komentar: