Mengembalikan File yang ke Hidden oleh Virus

Selasa, 15 Mei 2012

Pernahkah anda mengalami kejadian ketika flashdisk anda di tancapkan ke komputer, tiba-tiba folder-folder kita menjadi shortcut semua atau malah kosong sama sekali? padahal file-file yang ada didalam flashdisk itu sangat penting bagi kita.
Tidak perlu bingung, kali ini master akan sharing sedikit tentang yang saya ketahui
Pertanyaan : Haruskah kita langsung mem-format flashdisk kita?
Jawab : Jangan dulu. kita lihat space flasdisk kita dengan cara klik kanan flashdisk pilih properties.

Apakah space flashdisknya kosong alias 0 byte atau masih ada space yang digunakan?
Kalau kosong bisa data-data kita kemakan atau flasdisk kita bermasalah.
Kalau masih ada space yang digunakan berarti sebenarnya data kita masih ada didalam flashdisk tapi kehidden oleh virus.

Sedikit sharing, sebenarnya ada antivirus yang bisa dengan mudah mengembalikan file-file kita yang ke hidden tapi resikonya adalah semakin bertambah virus pada komputer kita. antivirus itu adalah "VADAMS"(dibaca terbalik). saya pernah menginstal komputer tapi setelah saya instal "vadams" selalu terbaca virus. padahal kalau komputer habis diinstal seharusnya tidak terdeteksi virus. jadi saya simpulkan bahwa sebenarnya "vadams" -lah yang menjadi asal dari virus-virus berasal. buktinya setelah saya tidak instal pada komputer pelanggan saya, tidak terjadi masalah lagi dengan virus. walaupun cara dibawah  ini agak ribet tapi saya kira itu lebih baik dari pada komputer kita semakin banyak terjangkit virus. kan kata pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati.
Berikut master akan sharing bagaimana mengembalikan data yang ke hidden oleh virus

Lewat CMD (Command Prompt)

1. Tekan tombol windows+R atau Start-Run

2. Ketik "cmd" (tanpa tanda kutip), OK
3. Masuk ke drive flasdisk kita. Kalau pada gambar dibawah saya contohkan flasdisk saya berada pada drive E.  Ketikkan “E:” lalu enter
4. Kemudian ketikkan “attrib –h –s –r /s /d” untuk mengembalikan data yang ke hidden
5. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai
6. Lalu untuk menghapus shorcut-shortcutnya ketikkan “del *.lnk”


Keterangan:
attrib = string untuk memulai merubah atribut pada Command Prompt
-s = menghilangkan atribut System File
-h = menghilangkan atribut Hidden File
-r = menghilangkan atribut Read Only File
/s = sub directory
/d = directory
dir = melihat isi dari sebuah directory
dir /a = melihat isi dari sebuah directory beserta atribut file nya (juga berfungsi untuk menampilkan file hidden)
del = menghapus directory*.lnk = semua ekstensi shortcut


NB : Kalau kita menancapkan flashdisk kita ke komputer yang sama tetapi file-file kita selalu ke hidden berarti komputer kita telah terjangkit virus. alangkah baiknya kalau kita menginstal ulang komputer.

Terimaksih telah berkunjung & Semoga bermanfaat..

0 komentar: